Hikmah Yang Didapat Ketika Berqurban

Hikmah Berqurban

Qurban atau Udhiya seperti adalah usaha keagamaan yang sangat penting di mana umat Islam mengorbankan hewan setelah shalat Idul Adha untuk memenuhi perintah Allah SWT. Hikmah dari berqurban adalah adanya kesempatan yang menggembirakan yang membawa kebahagiaan bersama dengan beberapa mutiara kebijaksanaan. Aqiqah Cimahi

Hikmah berqurban yaitu manfaat besar bagi mereka yang berqurban pada hari Idul Adha pada kesepuluh, atau dua hari setelah Dzulhijjah. Ketika Allah (SWT) menguji Nabi Ibrahim (SAW) tercinta, memintanya untuk mengorbankan satu-satunya anak kesayangannya Ismail (SAW), Allah (SWT) hanya memiliki rencana yang bermanfaat bagi Nabi Ibrahim (SAW) serta seluruh umat manusia.

Hikmah Berqurban Menjaga Tetangga dan Yang Membutuhkan

Hikmah berqurban mengajari kita pentingnya menjaga tetangga kita karena mereka juga memiliki hak. Sebagai Muslim, adalah tanggung jawab kita untuk memastikan mereka dalam keadaan sehat dan bersemangat. Pada catatan yang sama, orang-orang yang miskin, tunawisma atau tidak mampu secara finansial untuk menghidupi diri sendiri atau keluarganya juga berhak mendapatkan bagian dari daging qurban.

Hikmah berqurban salah satunya adalah cara untuk memperhatikan saudara-saudari Muslim kita yang membutuhkan. Sehingga, kita dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama saudar-saudari Muslim lainnya.

Qurban Menunjukan Ketaatan dan Cinta Tanpa Syarat

Qurban pada dasarnya adalah pengulangan dari kejadian terkenal yang melibatkan Nabi Ibrahim dan putranya Ismail. Allah SWT telah memerintahkan Ibrahim untuk mengorbankan putranya untuk menyenangkan Dia. Ibrahim tidak gentar dan melakukan apa yang diperintahkan. Allah SWT langsung mengganti anaknya dengan seekor anak domba sehingga Ismail sama sekali tidak terluka.

Itu adalah pertunjukan yang menakjubkan dari ketaatan dan cinta tanpa syarat. Hikmah berqurban yang didapat yaitu ketaatan kepada Allah SWT dan cinta tanpa syarat untuk mengikuti setiap perintah-Nya tanpa gentar. Setiap tahun, pada kesempatan Idul Adha, umat Islam menghormati rasa komitmen itu dengan melakukan Qurbani.

Qurban Menjaga Persatuan Diantara Umat Islam

Qurban berfungsi sebagai cara yang bagus untuk mengubur kapak lama, menjalin persahabatan baru dan untuk memperkuat ikatan keluarga. Hikmah dalam berqurban menjadikan umat ​​Muslim bersatu sebagai satu umat pada hari ini. Ini membawa orang lebih dekat dan menciptakan kesadaran di antara umat Islam tentang bagaimana membuat komunitas Muslim lebih baik dan lebih kuat.

Menjelang Idul Adha, umat Islam di seluruh dunia bersiap-siap untuk Qurban. Semoga Allah menerima Qurban Anda. Semoga Allah menerima haji jutaan jiwa yang akan menunaikan haji tahun ini. Semoga tahun yang akan datang menjadi tahun yang luar biasa bagi Umat Muslim dan semoga ini menjadi Idul Fitri yang mulia bagi ratusan juta Muslim di seluruh dunia. Aqiqah Nurul Hayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *